Apa Saja Isi Kotak Seserahan dan Berapa Budgetnya?

source: instagram.com/lucklig_mahar

Kalau ngomongin soal seserahan, pasti para CPW yang paling excited. Tapi pasti kamu pernah bingung juga dong gimana cara nentuin budget dan barang apa aja yang mau kamu beli untuk seserahan. Aku pun begitu saat pertama mau mulai nglist seserahan yang mau aku beli. Coba tanya-tanya sama beberapa temen yang udah nikah.

Pada dasaranya seserahan itu tergantung soal selera masing-masing ya. Ada yang suka seserahannya pilih barang branded ada juga yang suka pilih barang-barang yang emang sesuai kesukaan.

Nah kalau aku pribadi termasuk yang pilih barang-barang untuk seserahan berdasarkan yang aku suka dan butuh. Jadi nggak peduli tuh mau brandnya apa.

Sebelum akhirnya beli barang untuk seserahan, aku sama calonku lebih dulu sepakatin berapa budget yang mau dikeluarkan untuk seserahan.

Menurut aku, adanya budgeting untuk seserahan itu penting banget sih. Selain buat mengatur post pengeluaran, juga bisa jadi rem tersendiri buat kita saat tergiur barang-barang lucu. Karena balik lagi, sesuaikan lah sama yang kamu butuhkan. Kan sayang tuh kalau udah dibeli tapi malah nggak kepake nantinya.

Nah setelah udah disepakati berapa budget untuk seserahan, baru deh aku bikin list barang-barang yang mau aku beli untuk seserahan. Biar gampang, aku ngebaginya berdasarkan kelompok boxnya.

Ini kelompok box seserahan yang aku buat (ini tiap orang bisa beda-beda ya):
  1. Box Alat Solat: Sajadah dan Mukena
  2. Box Set Bed Cover
  3. Box Alat Mandi (Handuk dan alat mandi)
  4. Box Pakaian Dalam (Pakaian dalam dan baju tidur)
  5. Box Make Up (Skin Care dan Daily Make Up)
  6. Box Casual Outfit (Tas, Baju, Sepatu)
  7. Box Formal Outfit (Tas, Baju, Sepatu)

Buat kamu yang punya waktu panjang untuk mempersiapkan pernikahan jadi nilai plus nih, jadinya kamu bisa nyicil beli seserahan dari jauh-jauh hari. Misalnya bulan ini beli perlengkapan untuk box alat solat, terus bulan selanjutnya buat box alat mandi, dst.

Oh iya hampir lupa, masih soal budget. Aku saranin untuk setiap boxnya pun kamu budgetin lagi berapa uang yang mau dikeluarin. Jadi dari total budget seserahan kamu bisa bagi berapa persen untuk box A, box B, Box C. Atau kalau aku sih dari total bugdet itu aku bagi rata. Nanti kalau box lain post pengeluarannya di bawah budget, bisa kamu subsidi deh buat kebutuhan box lain yang kira-kira akan over budget.

Tips lain dari aku adalah rajin-rajin cek promoan baik di toko online atau di toko offline. Hal ini bisa banget neken budget kamu loh.

Aku pribadi, untuk seserahan sendiri bahkan hampir 75% aku beli secara online dan gak sedikit barang yang aku dapetin adalah harga promo. Hasilnya setelah dihitung-hitung aku bisa menghemat sampai 500rb dari total budget seserahan yang disepakati di awal. Kan lumayan tuh bisa buat pengeluaran yang lain.

Percayalah, beli seserahan itu salah satu bagian paling menyenangkan dari persiapan nikah. Kamu bisa pilih barang-barang yang kamu suka tanpa mikir panjang. hihihi

Jadi ya selamat belanja seserahan! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Gedung Pernikahan: SEAMEO Biotrop, Bogor

Indah Catering, Vendor Pernikahan All in One Service Dibawah 100jt di Bogor

Sudah Sejak Lama, Aku Kembali